PILIHAN

Post Icon

Kurangi Minum Es Teh, Daripada Kena Batu Ginjal






Minum es teh memang menyegarkan. Namun, kalau terlalu sering mengonsumsinya, justru kesegaran itu menjadi malapetaka buat ginjal Anda.

Teh memiliki konsentrasi oksalat cukup tinggi. Zat ini yang memicu terbentuknya batu ginjal. Semakin sering mengonsumsinya, apalagi kurang diimbangi minum air putih, akan meningkatkan terbentuknya butiran batu ginjal. Sebenarnya, baik dalam kondisi panas atau dingin, teh kurang baik untuk ginjal jika dalam jumlah berlebihan.
...
Minum teh dalam batas kewajaran tidak terlalu signifikan dalam membahayakan ginjal. Hanya saja, orang biasanya akan minum lebih banyak teh saat dikondisikan dingin dengan es. Beda ketika disajikan hangat atau panas, orang cenderung lebih bisa menjaga diri soal kuantitas. Namun, kalau Anda memang punya masalah ginjal sebelumnya, minum teh tidak dianjurkan.

Bagi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, es teh jelas menjadi minuman terburuk.

Mengonsumsi teh bersama lemon, dan mengimbanginya dengan minum air putih. Cara ini diyakini bisa menghambat pembentukan batu ginjal. Apalagi dalam lemon, zat citrates yang dimilikinya membantu mencegah efek buruk teh ini. Selain itu, oksalat bisa direduksi dengan mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

0 komentar :

Posting Komentar